18 Militan tewas Oleh Serangan Pesawat AS

Sedikitnya 18 militan tewas akibat serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat di Pakistan barat laut.

Menurut pihak keamanan Pakistan, serangan itu dilancarkan di atas desa Mir Ali, di dekat perbatasan dengan Afghanistan.

Laporan-laporan intelijen menyebutkan rudal dari pesawat tak berawak AS itu diarahkan ke kendaraan dan sebuah kompleks di Mir Ali, Waziristan Utara.

Serangan pesawat pertama, yang menembakkan dua rudal, gagal mengenai kendaraan yang menjadi sasaran.

Namun dua pesawat tak berawak lainnya, menewaskan empat pria yang melarikan diri dari kenderaan tersebut.

Beberapa menit kemudian -seperti dikatakan pejabat Pakistan kepada BBC- 14 militan yang tewas dalam sebuah kenderaan yang membawa mereka ke sebuah lokasi.

Serangan di Mir Ali tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian serangan pesawat tak berawak di kawasan kesukuan di Pakistan barat laut ini.

Dalam waktu tiga bulan belakangan ini terjadi peningkatan pesat dari serangan pesawat tak berawak yang sudah menewaskan puluhan orang.

Diperkirakan sepanjang tahun 2010, berlangsung sekitar 100 serangan pesawat tak berawak AS.

Unjuk rasa

Unjuk rasa di Pakistan menentang serangan pesawat tak berawak.

Sumber-sumber keamanan mengatakan semua yang tewas akibat serangan tersebut adalah para militan, namun wartawan sulit untuk memasuki kawasan Waziristan Utara sehingga tidak bisa dikukuhkan korban jiwa maupun dampak dari serangan tersebut.

Tuntutan warga

Walau serangan pesawat tak berawak ini disebut berhasil menewaskan beberapa pemimpin kelompok militan, sejumlah warga sipil juga dilaporkan ikut tewas.

Dan awal bulan ini, lima belas warga wilayah kesukuan Waziristan Utara melancarkan tuntutan class action, atau gugatan massal, atas CIA di pengadilan Pakistan.

Mereka menuntut ganti rugi atas yang disebut sebagai kematian anggota keluarga mereka yang tidak terlibat dalam kegiatan kelompok militan.

Serangan pesawat tak berawak ini menjadi salah satu sumber penentangan sejumlah warga Pakistan terhadap Amerika Serikat karena dianggap jutsru memicu dukungan atas kelompok militan di Pakistan.

Bocornya sejumlah kawat diplomatik di Wikileaks belakangan ini memperlihatkan bahwa beberapa pejabat Pakistan secara diam-diam mendukung serangan pesawat tak berawak AS.

Bagaimanapun militer AS dan badan intelijen CIA tidak selalu bersedia mengukuhkan serangan yang mereka lancarkan dengan menggunakan pesawat tak berawak

smbr : detik.com

Perihal mahesya
pengangguran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: