Mantan Mendagri Ukaina Ditangkap

KIEV,  – Ukraina, Minggu (26/12), menangkap bekas menteri dalam negeri negara itu di tengah penyelidikan tanpa henti pemerintah terhadap kabinet bekas perdana menteri yang telah berubah menjadi pemimpin oposisi, Yulia Tymoshenko.

Bekas menteri dalam negeri Yury Lutsenko ditahan oleh sedikitnya 10 pejabat keamanan khusus Alpha ketika sedang membawa anjingnya keluar untuk berjalan-jalan, kata jurubicaranya, Inna Kysil, kepada AFP. Bekas pemimpin Revolusi Orange itu ditahan Dinas Keamanan Ukraina (SBU), bagian dari KBG era Soviet, jelas jurubicara itu.

Kantor penuntut umum memastikan bahwa Lutsenko telah ditangkap tapi mengatakan bahwa pernyataan resmi baru akan dikeluarkan Senin. Bulan lalu, para pejabat menuduh Lutsenko, 46 tahun, telah menyalahgunaan kekuasaan dan mengambil barang milik negara.

Laporan-laporan media Ukraina mengatakan, tuduhan itu terkait dengan dugaan pembayaran tak pantas sebesar 40.000 hryvnia (sekitar 5.300 dollar AS) yang bekas menteri itu lakukan untuk supirnya. Lutsenko, yang bersama dengan Tymoshenko merupakan salah seorang pemimpin gerakan protes 2004 yang dengan singkat memberhentikan Presiden Victor Yanukovych yang kini telah kembali ke tampuk kekuasaan, menyatakan tuduhan terhadapnya memiliki motivasi politik.

Lutsenko, seorang politisi veteran, telah memegang berbagai jabatan di Ukraina, menjabat sebagai menteri dalam negeri di pemerintahan Tymoshenko selama tiga tahun. Tymoshenko sendiri telah dituduh menggelapkan 960.000 hryvnia dan menyalahgunakan kekuasaan, serta diminta untuk tidak meninggalkan Kiev. Tuduhan itu dapat menempatkan pemimpin Revolusi Orange yang kharismatik tersebut dalam penjara selama satu dasawarsa.

Februari lalu, Tymoshenko kalah dalam perjuangan kerasnya dalam pemilihan presiden dari Yanukovych. Hal itu membuatnya mundur sebagai perdana menteri awal Maret lalu dan masuk barisan oposisi. Sejak itu, ia menuduh Yanukovych telah berupaya berulangkali untuk membungkamnya dan dengan cepat mengkritik kebijakannya, khususnya upayanya untuk membina hubungan lebih dekat dengan Moskowa.

Beberapa bekas menteri kabinet juga telah ditangkap atau dituduh dengan berbagai kejahatan sejak kembalinya Yanukovych ke kekuasaan. Ia, yang pernah mendukung garis keras pro-Kremlin, sejak berkuasa  mau menerima kontak dengan Eropa. Bekas wakil pertama menteri kehakiman Yevhen Korniychuk ditangkap bulan ini, dan Bogdan Banylychyn, bekas menteri ekonomi, ditangkap di Republik Ceko, tempat ia minta suaka polisik.

sumber : kompas.com

Perihal mahesya
pengangguran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: